Thx anda Pengunjung ke :

Jumat, 02 April 2010

Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah Komputer

Oleh: Drs. Doddi Sularto MM.

(Dari berbagai sumber Internet)

Generasi Pertama

Komputer sebagai alat bantu PD ke-2, teknologi menggunakan system tabung sehingga komputer berukuran besar

Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus

Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik

Amerika Serikat dan University of Pennsylvania,John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

1940-an, John von Neumann, tim University of Pennsylvania, Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

Generasi Ke-dua

tahun 1948, penemuan teknologi transistor membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil

Tahun 1956, IBM membuat superkomputer, Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC , dibutuhkan untuk peneliti atom

Pada awal 1960-an, diterapkan di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.

Pada tahun 1965, IBM 1401 . memproses informasi keuangan. Seperti:mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.

Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.

Generasi Ketiga

tahun 1958. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit)

penggunaan sistem operasi (operating system)

Generasi Keempat

tahun 1980 dikembangkan teknologi Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

DikembangkaN lagi teknologi Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

tahun 1971 Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.

Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.

Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memproduksi PC

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Generasi Kelima

Komputer dengan basic artificial intelligence, Masih tahap pengembangan

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya

-000000-

Tidak ada komentar: