RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas : X (Sepuluh)/Inti; Semester II
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Pertemuan : 2 pertemuan
Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
Indikator
1. Mendiskripsikan tentang karya seni rupa terapan daerah setempat
2. Menganalisis karya seni rupa terapan daerah setempat
3. Memberikan contoh-contoh jenis karya seni rupa terapan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mendapatkan penjelasan dari guru tentang karya seni rupa terapan daerah setempat siswa dapat menjelaskan karya seni rupa terapan daerah setempat
2. Setelah mendapatkan penjelasan dari guru tentang karya seni rupa terapan daerah setempat siswa dapat menganalisis karya seni rupa terapan daerah setempat
3. Setelah diberikan contoh jenis karya seni rupa terapan oleh guru siswa dapat menunjukkan jenis karya seni rupa terapan
B. Materi Pembelajaran
Karya Seni Terapan adalah suatu hasil karya seni rupa yang berfungsi sebagai hiasan dan juga sebagai benda pakai dalam kehidupan sehari-hari. Seni terapan yang berfungsi sebagai hiasan disebut seni kerajinan contoh benda-benda cindera mata seperti kipas, wayang, boneka, ukiran kayu, perhiasan (dari kayu, tulang dan biji-bijian), lukisan dari daun kawung dlsb. sedangkan yang berfungsi sebagai benda pakai disebut Disain Produk contoh meja, kursi, pembersih dari bulu ayam, cup lampu dari bambu, centong, cangkir keramik dlsb.
Seni Terapan biasanya bentuk, corak dan ragam antara daerah satu dengan yang lainya berbeda karena dipengaruhi oleh faktor geografis dan sosial budaya setempat seperti kekayaan alam, budaya daerah pesisir, budaya perkotaan dan budaya perkampungan. Sehingga kita mengenal Topeng, Lukisan kaca , batik motif mega mendung dari Cirebon, Kerajinan anyaman dari Tasikmalaya, Wayang Golek dari Jawa Barat, Wayang Kulit Jawa Tengah. Batik Pekalongan, Batik Jogya, Batik Solo.
C. Metode Pembelajaran
1. Model : -
2. Metode : - Ceramah ekspositori dan Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi
Guru memperlihatkan beberapa contoh seni terapan, dan bertanya pada siswa dari daerah manakah asal dari seni terapan tersebut!
l Prasyarat pengetahuan:
- Siswa telah mengenal seni terapan nusantara
b. Kegiatan Inti
- Guru memperlihatkan beberapa contoh seni terapan berbagai daerah nusantara
- Guru menjelaskan tentang seni terapan daerah setempat
- Guru menjelaskan seni terapan sambil mengajak untuk mengidentifikasi bentuk, corak dan ragam seni terapan daerah setempat
- Guru memperlihatkan contoh seni terapan wayang golek dan siswa disuruh untuk mengidentifikasi bentuk, bahan corak dan ragam dari seni terapan tersebut
- Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa mengenai seni tarapan daerah setempat
- Guru menyimpulkan bahasan materi mengenai seni terapan indonesia
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberitahukan pada siswa bahwa pada pertemuan selanjutnya siswa harus mengumpulkan kliping mengenai seni terapan daerah nusantara
l Guru memberitahukan bahwa bahasan materi selanjutnya adalah mengenai seni terapan menggambar reklame
E. Sumber Belajar
a. Buku Seni Rupa SMA karangan Setiawan Subana
b. Foto-foto seni terapan daerah nusantara
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Porto Polio Pembuatan Kliping
b. Bentuk Instrumen
- Tes Essay
- Rubrik pembuatan kliping
c. Contoh Instrumen:
1. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan seni terapan!
2. Perbedaan seni terapan yang berfungsi sebagai seni hias dan seni pakai, berikan contohnya!
3. Sebutkan seni kerajinan yang berasal dari jawa Barat (min 5)!
4. Buatlah kliping seni rupa terapan daerah nusantara!
Format Penilaian :
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif |
1. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan seni terapan! | 0 - 20 |
2. Perbedaan seni terapan yang berfungsi sebagai seni hias dan seni pakai, berikan contohnya! | 0 - 40 |
3. Sebutkan seni kerajinan yang berasal dari jawa Barat (min 5)! | 0 - 40 |
Jumlah Nilai | 100 |
Cimahi, ,Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
SMA Negeri 6 CimahiSeni Rupa
Drs. Yayat Hidayat Drs. Doddi Sularto, M.M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar