RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas : X (Sepuluh)/Inti; Semester II
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Pertemuan : 2 pertemuan
Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
Indikator
1. Mendiskripsikan cabang seni rupa terapan
2. Menjelaskan istilah-istilah dalam seni rupa terapan gambar reklame
3. Memberikan contoh jenis karya seni terapan daerah setempat
A. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mendapatkan penjelasan dari guru tentang cabang karya seni rupa terapan siswa dapat menjelaskan cabang karya seni rupa terapan
2. Setelah mendapatkan penjelasan dari guru tentang istilah-istilah reklame dalam seni rupa terapan siswa dapat menyebutkan istilah reklame dalam berbagai bahasa
3. Setelah diberikan contoh jenis karya seni rupa terapan oleh guru siswa dapat menunjukkan berbagai jenis reklame di daerah setempat
B. Materi Pembelajaran
Salah satu cabang dari seni terapan adalah: disain produk yaitu rancangan untuk produksi suatu benda, disain reklame yaitu suatu gambar yang bertujuan untuk mempromosikan suatu hasil produk agar diminati oleh calon pembeli.
Istilah istilah reklame dalam berbagai bahasa dapat di sebut juga sebagai iklan, advertensi, propaganda, promosi dlsb.
Jenis reklame: Billboard, Spanduk, Baliho, Neonsign, brosur, pamplet, Poster, X-Banner,
C. Metode Pembelajaran
1. Model : -
2. Metode : - Ceramah ekspositori dan Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi
Guru memperlihatkan beberapa contoh seni terapan gambar reklame dan bertanya pada siswa apakah pesan dari gambar tersebut?
l Prasyarat pengetahuan:
- Siswa telah mengenal seni terapan gambar reklame
b. Kegiatan Inti
1. Guru memperlihatkan beberapa contoh seni terapan gambar reklame
2. Guru menjelaskan tentang cabang seni terapan diantaranya adalah gambar reklame
3. Guru menjelaskan istilah-istilah gambar reklame dalam berbagai bahasa
4. Guru memperlihatkan contoh seni terapan gambar reklame seperti:
Billboard, Spanduk, Baliho, Neonsign, brosur, pamplet, Poster, X- Banner,
5. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa mengenai seni terapan gambar reklame
6. Guru menyimpulkan bahasan materi mengenai seni terapan indonesia gambar reklame
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberitahukan pada siswa bahwa pada pertemuan selanjutnya siswa harus mengumpulkan jenis-jenis gambar reklame berupa gambar reproduksi atau gambar reklame sebenarnya.
l Guru memberitahukan bahwa bahasan materi selanjutnya adalah mengenai cabang seni terapan menggambar ilustrasi
E. Sumber Belajar
a. Buku Seni Rupa SMA karangan Setiawan Subana
b. Foto-foto gambar reproduksi reklame
c. Internet
d. Buku Seni Budaya untuk SMA, Yayat Nusantara
F. Penilaian Hasil Belajar
a.Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Porto Polio Pembuatan Kliping
b. Bentuk Instrumen
- Tes Essay
- Rubrik pembuatan kliping
c. Contoh Instrumen:
1. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan seni terapan gambar reklame!
2. Sebutkan jenis-jenis dari seni rupa terapan!
3. Coba sebutkan istilah gambar reklame dengan istilah bahasa yang berbeda !
4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis gambar reklame!
5. Buatlah kliping mengenai gambar jenis-jenis reklame yang anda temui, Dan tempelkan di buku catatan!
Format Penilaian:
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif |
1. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan seni terapan gambar reklame! | 0 - 25 |
2. Sebutkan jenis-jenis dari seni rupa terapan! | 0 - 25 |
3. Coba sebutkan istilah gambar reklame dengan istilah bahasa yang berbeda ! | 0 - 25 |
4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis gambar reklame! | 0 - 25 |
| |
Jumlah Nilai | 100 |
Cimahi, ,Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Cimahi
Drs. Yayat Hidayat
NIP : 131 628 411
Guru Mata Pelajaran Seni Rupa
Drs. Doddi Sularto, M.M
NIP: 131 958 148
Tidak ada komentar:
Posting Komentar