Thx anda Pengunjung ke :

Jumat, 24 Juni 2011

Manajemen Sumber Daya Manusia


Pada bagian ini diuraikan kajian pustaka yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia ( MSDM) khususnya mengenai konsep-konsep Kemampuan Manajerial SDM,  Perangkat Keras & Perangkat Lunak, Kualitas Layanan dan Kepuasan Pemakai Layanan serta pola hubungan diantara masing-masing variabel penelitian.
Untuk memperkuat penelitian dikemukakan beberapa hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini, berdasarkan hasil kajian pustaka dan hasil penelitian sebelumnya maka ditetapkan kerangka berpikir yang merupakan paradigma penelitian ini.
Bagian akhir dalam bab ini dikemukakan rumusan hipotesis yang merupakan kesimpulan sementara atas permasalahan yang menjadi topik penelitian yang diungkap dalam bab I.

2.2  Manajemen Sumber Daya Manusia
Sebelum menguraikan pengertian manajemen sumber daya manusia maka sebelumnya diuraikan dulu apa itu manajemen. Manajemen adalah suatu upaya untuk mengolah resourchees (Man, Money, Materials, Methods, Machine) menjadi efektif dan efesien  dalam mencapai tujuan akhir yang maksimal. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses pengendalian berdasarkan fungsi manajemen terhadap daya yang bersumber pada manusia (Michael Amstrong dalam Abdurrahmat Fathoni, 2006). Manajemen Sumber Daya Manusia adalah kebijakan dan praktik menentukan aspek ”manusia” atau SDM dalam posisi manajemen, termasuk merekrut, menyaring melatih, memberi penghargaan dan penilaian (Dessler, 2006). Fungsi manajemen dapat dibagi menjadi dua yaitu, fungsi manajerial dan fungsi operasional. Fungsi manajerial tercakup dalam perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan. Fungsi operasional tercakup dalam recruitmen, seleksi pelatihan, penempatan, pengembangan karir dan konpensasi. Peranan SDM sangat penting dan strategis dalam suatu perusahaan, Gary Dessler menyebutkan bahwa di era Globalisasi  persaingan antar perusahaan akan semakin tinggi berarti semakin banyak tuntutan untuk mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas karyawan dan melakukan hal-hal yang lebih baik dan murah. Bagi karyawan di seluruh dunia, fungsi sumber daya manusia adalah sebagai pemain kunci dalam menolong perusahaan mencapai tujuan-tujuan strategis ini.
Kenapa MSDM sangat diperlukan, seperti di uraikan oleh Dessler di atas bahwa peranan sumber daya manusia sangatlah penting dalam suatu perusahaan atau organisasi sehingga SDM perlu untuk dikendalikan sesuai dengan fungsi manajemen agar :
  • Tidak memperkerjakan orang yang salah untuk pekerjaan tersebut
  • Orang yang diandalkan tidak menjalankan tugas dengan baik
  • Proses pergantian karyawan yang tinggi
  • Mempekerjakan karyawan sesuai dengan undang-undang dan hukum agar tidak dituntut dikemudian hari
  • Mengadakan pelatihan pelatihan untuk karyawan agar tetap mempunyai kompetensi prima
  • Menetapkan azas keadilan bagi karyawan dengan memberikan  Reward dan Punishment serta gaji yang layak dlsb.

Dalam penelitian ini yang menjadi topik bahasan adalah kontek pengelolaan resourchees (Man, Money, Materials, Methods, Machine) kaitannya dengan Sistem Informasi Manajemen 

Tidak ada komentar: