Kemampuan manajerial adalah suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer seperti kemampuan menggunakan pengetahuan, perilaku dan bakat dalam menjalankan tugas (Zulkifli Amsyah, 2005)
Robert Katz mengelompokkan keterampilan manajemen berupa teknis, hubungan manusia dan konseptual. Keterampilan teknis penting untuk manajer lini bawah seperti kemampuan menghasilkan produk dan jasa. Keterampilan hubungan manusia berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan sub ordinat, anggota kelompok, atasan dan pelangan. Keterampilan konseptual sangat berhubungan dengan manajer lini atas yang berkaitan dengan kemampuan mengorganisasikan dan mengintergrasikan kebijakan, visi misi, organisasi agar dapat dimengerti dan dijalankan oleh manajer ditingkat bawahnya. Tugas manajer di masing-masing level dapat digambarkan sbb:
Gambar 2.1 , Pembagian Tugas di tiap Level Manajer
Keterangan Gambar :
1. Manajer Lini Atas :
· Perencanaan dan kegiatan konseptual
· Visi, Misi organisai
· Koordinasi pada seluruh organisasi
· Relasi komunitas
· Hubungan komunitas bisnis
1.
2. Manajer Lini Tengah :
· Kinerja Manajemen
· Pengawasan
· Personalia dan Pelatihan
3. Manajer Lini Bawah :
· Supervisi pekerja
· Keterampilan teknis
· Suvervisi jadwal dan waktu
· Pengawasan biaya dan kualitas
Henry Mintzberg mengelompokkan keterampilan manajemen menjadi lebih luas dari pada Robert Katz dengan menambahkan tiga katagori pada keterampilan hubungan manusia dan 5 katagori pada keterampilan konseptual sbb : Teknis, Hubungan manusia terdiri dari: kelompok, kepimimpinan dan resolusi konflik. Konseptual : mengolah informasi, membuat keputusan, mengalokasikan sumber daya, kewiraswastaan dan mawas diri.
Virginia Boehm melakukan studi ekstensif mengenai keterampilan manajerial terhadap 1000 manajer di Sohio Corporation, keterampilan apa yang paling dibutuhkan dalam mencapai tujuan pekerjaan, hasilnya 6 keterampilan yang paling dibutuhkan adalah : Pemecahan Masalah, Inisiatif, Penyesuaian, Perencanaan, Dasar Pertimbangan dan Ketilitian.
Tabel 2.1,
Tabel keterampilan manajerial yang diperlukan (sumber: Virginia Boehm dalam Zulkifli Amsyah,2005)
Keterampilan diurut mulai yang paling sukses | Uraian |
1. Pemecahan Massalah 2. Inisiatif 3.Penyesuaian 4. Perencanaan 5. Dasar Pertimbangan 6. Ketelitian 7. Sensitivitas antar personal 8. Pengaruh 9. Partisipasi diskusi 10. Analisis Kuantitatif 11. Komunikasi tertulis 12. Komunikasi lisan | Melihat ke depan, menggunakan pertimbangan praktis, memperhatikan keakurasian informasi tiap alternatif dan akibatnya Berpikir cepat, mengetahui kapan keputusan diperlukan, cepat mengambil tanggung jawab kepemimpinan,siap memutuskan, bebas menentukan areal permasalahan Berorientasi pada pembaharuan, menyesuaikan dengan tugas baru, mengubah strategi dengan cepat, merevisi perencanaan Memformulasikan rencana, melaksanakan perintah dalam situasi yang membingungkan, menentukan tugas-tugas kunci dan langkah kritis Mengorganisasikan informasi, menggunakan konsep, ringkasan, mengintisarikan data penting, mengidentifikasi problem hubungan Memperhatikan detail, cek ulang ketepatan, hasil kerja teliti, memperhatikan problem sekecil apapun Variasi pendekatan, penyesuaian jenis komunikasi pada peserta, menunjukkan sensitivitas, mendelegasikan jika perlu, menghargai orang lain Memberi atensi dan respek, mempengaruhi keadaan dalam kelompok, memberikan argumentasi yang dapat dipercaya Aktif dalam kelompok diskusi, berbicara tanpa menggurui, mengemukakan ide dalam pertemuan Menggunakan kuantitatif data secara efektif, mengaplikasikan pengetahuan teknik kuantitatif dalam bekerja, menangani problem dengan menggunakan teknik kuantitatif Laporan ditulis secara ringkas, terorganisasi, mudah dibaca, mampu mengedit laporan orang lain, menulis laporan teknis secara jelas dan berarti penting Melakukan presentasi formal secara efektif, mempresentasikan bahan secara lisan dengan cara yang menarik, berbicara dengan gaya teratur |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar